Rabu, 29 Desember 2010

MANFAAT DAN PERMASALAHAN E-COMMERCE

Electronic commerce (e-commerce) atau perdagangan elektronik adalah proses penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau jaringan komputer lainnya.

Masalah yang sering terjadi dalam e-commerce adalah masalah keamanan. Masalah keamanan ini membuat orang takut untuk melakukan transaksi, misalkah adanya penipuan dalam transaksi tersebut. Sekarang sudah banyak modus yang digunaan untuk menipu para konsumen, salah satunya adalah penipuan melalui sms seperti kuis atau yang lainnya. Hukum yang kurang berkembang dalam e-commerce juga merupakan salah satu penyebab konsumen merasa sangsi dengan transaksi yang akan dilakukannya. Perusahaan pun tidak melakukan perlindungan/jaminan terhadap konsumen yang akan melakukan transaksi dengan perusahaan tersebut.

Meski begitu e-commerce juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi perusahaan, konsumen dan juga masyarakat luas, diantaranya:
1. Perusahaan dapat memperluas pasarnya, bahkan hingga pasar internasional, sehingga perusahaan tersebut dapat lebih banyak menjangkau pelanggan, bahkan dapat melakukan kerjasama dengan perusahaan luar.
2. Mengurangi biaya pemasaran.
3. Mempermudah konsumen berbelanja, mencari informasi dan melakukan transaksi.
4. Sistem yang berjalan 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi karena dapat dilakukan kapan saja.
5. Dapat melakukan transaksi dengan cepat dan mudah.
6. Mengurangi biaya transportasi bagi konsumen, karena transaksi dapat dilakukan di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar